Logo
images

Tips Sukses Membangun Bisnis Hotspot

Apa sich bisnis HOTSPOT itu?

Nah, saat ini bisnis pun banyak macamnya salah satunya adalah bisnis HOTSPOT (Wi-Fi). Arti Hotspot itu sendiri adalah suatu fasilitas jaringan internet yang merujuk pada tempat-tempat tertentu (biasanya tempat umum) dengan menggunakan teknologiWireless LAN, seperti pada perguruan tinggi, mall, plaza, perpustakaan, restoran ataupun bandara.

Pada jaman sekarang ini perkembangan teknologi informatika semakin berkembang dengan pesat. Untuk itu saya mencoba untuk membuat wacana tentang Bisnis HOTSPOT (Wi-Fi) yang mungkin prospek ke depannya baik dan berkembang. Dengan pertimbangan biaya pun internet yang sekarang makin bertambah murah, maka tempat tempat usaha seharusnya mempertimbangkan memasukkan suatu service baru untuk pelanggannya, dimana internet juga bukan merupakan barang langka saat ini.

Nah, apa saja sih yang dibutuhkan untuk bisa menghadirkan HotSpot di lokasi bisnis kita ? sebenarnya tidak terlalu mahal biaya investasi yang harus dikeluarkan, dibanding harus menunggu pihak provider internet/ ISP untuk menyediakan fasilitas hotspot di lokasi usaha.
Selain harus menunggu lama, pun kita harus berbagi hasil atau menyetor sejumlah nominal untuk ISP agar bisa menyediakan fasilitas hotspot.

HotSpot kali ini adalah tidak berbeda dengan ISP, dimana sebelum pengguna/user memakai internet, mereka harus memasukkan username dan password terlebih dahulu. Hal ini juga bisa diberlakukan sebagai HotSpot Free atau HotSpot berbayar oleh pemilik hotspot.

A.   Peralatan yang dibutuhkan adalah :

1.     Sebuah Modem

Modem tergantung jenis layanan koneksi dari ISP yang bersangkutan. Bisa ADSL dengan Telkom Speedy, bisa modem DSL dengan layanan Fastnet, bisa Wireless dengan Provider Wireless internet.

2.     Sebuah Wireless

Wireless Router ini bisa dari berbagai macam tipe dan merek, tetapi karena akan digunakan dengan sistem voucher/username dan password, maka yang direkomendasikan adalah WIreless router bertipe Linksys WRT54-GL dengan upgrade Firmware.

3.     Koneksi Internet

Koneksi Internet saat ini di Indonesia khususnya sudah begitu banyak pilihan, baik melalui land line/kabel ataupun 3G dan CDMA. Bisa menggunakan land line dari Telkom Speedy dengan paket Unlimited office , ataupun time based, atau 3G dari tiga operator besar di Indonesia, ataupun koneksi CDMA/Edvo.
Namun tentunya semua mempengaruhi jenis modem yang akan dibeli dan digunakan. Yang paling tinggi harganya adalah modem 3G , namun dengan keuntungan bisa dipindah lokasi hotspotnya dari satu tempat ke tempat lain, artinya mobile.

4.     Billing HotSpot Provider

Billing HotSpot Provider yang menyediakan software Billing yang dapat digunakan oleh penyedia hotspot dimana membantu meringankan biaya Investasi, baik Investasi dari sisi hardware dan sisi software dan juga sumber daya manusianya. Kita tidak perlu pintar dalam hal Komputer karena biasanya Billing HotSpot Provider sudah melakukan semua setting terlebih dahulu. Dan juga dengan menggunakan Jasa Service dari Billing HotSpot Provider maka Investasi Server dan Software tidak diperlukan yang artinya cut Cost awal. Di Indonesia khususnya indohotspot.net telah menyediakan jasa tersebut. Anda tinggal menyambung Wireless Router ke Jaringan Internet yang sudah ada dilokasi anda.

5.     Komputer/PC operator

Komputer adalah salah satu komponen yang sangat diperlukan dalam membuat bisnis internet. Karena kita bisnis internet yang berbentuk HOTSPOT jadi diperlukan komputer untuk operatornya.

6.     Tower (Tiang Pemancar)

Alat yang satu ini bisa di bilang penting, sebab alat ini sebagai tempat pemancar atau menembakan sinyal yang di terima oleh Wirelles client.

7.     Nirkabel

Nirkabel adalah sebagai alat untuk mentransfer data internet dari ISP ke client ISP.

Biaya yang diperlukan pada awalnya sekitar 1.5 juta sampai 3,5 juta , tergantung dari provider Internet yang anda gunakan, karena berpengaruh pada harga modem. Yang termurah adalah menggunakan layanan dari Telkom Speedy karena biasanya mereka telah membundle sebuah modem juga untuk pelanggannya saat pendaftaran pertama kali.

B.   Rincian biaya yang diperkirakan :

1.     ISP (Internet Service Provider)              : Rp. 1.000.000,-/bln

2.     Komputer/PC                                                 : Rp. 2.000.000,-

3.     Modem ADSL                                                 : Rp.   200.000,-

4.     Nirkabel                                                            : Rp.        5.000,-/meter

5.     Tower (Pemancar Sinyal)                          : Rp.    500.000,-/meter

6.     Wirelles USB                                                    : Rp.    500.000,-/unit

7.     Software Billing HotSpot Provider        : Rp.    500.000,-

C.   Manfaat Membuka Usaha Bisnis Hotspot

1.     Dapat mendorong masyarakat untuk membuka usaha ini.

2.     Memberikan peranan yang sangat tinggi kepada masyarakat untuk membuka usaha ini.

3.     Memberikan pelajaran yang sangat bermanfaat dalam bidang wirausahawan.

4.     Memberi motivasi kepada masyarakat dalam bidang wirausaha ini.

Dari semua penjelasan wacana diatas telah memberikan suatu pelayanan kepada semua masyarakat, bahwa usaha ini yang sudah ada disediakan oleh akses HotSPot internet yang akan memberi nilai lebih dibanding pesaing anda.

 

Sumber : https://ku2harlis.wordpress.com


TAG

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Tinggalkan Komentar